Cara Mengetahui IP Address

by Mujahid Sahroni
Cara Mengetahui IP Address

Internet Protocol Address atau yang biasa kita sebut IP Address adalah sebuah identitas yang dibagikan pada perangkat, misalnya android, computer, router, hingga printer ke jaringan yang memakai IP Address sebagai salah satu alat untuk komunikasi. IP address sangat berguna mengidentifikasi alamat perangkat yang konek ke jaringan tertentu. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui IP Address, tapi tentu masih banyak dari kalian yang masih belum paham bagaimana cara cek IP Address dengan mudah. Jangan perlu khawatir, seperti yang telah di kutip oleh Valetic.id yang membahas mengenai Cara mengetahui IP address untuk bisa kalian coba. Oleh karena itu, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Cek IP Address Dengan Mudah

Untuk bisa mengetahui ip address, sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Seperti cek ip address android, komputer, atau laptop. Jadi, bagi kalian yang masih belum paham, silahkan simak beberapa penjelasan yang akan kami bagikan sebagai berikut.

1.Android

Ada pilihan cara yang bisa dicoba untuk cek ip address di android. Baik menggunakan aplikasi ataupun tidak. Tapi, sebaiknya lihat cara yang kami berikan dibawah ini.

  1. Pertama, buka Pengaturan di android
  2. Jika sudah, pilih Tentang Ponsel / About Phone
  3. Lalu klik Status, maka kalian bisa melihat alamat IP di android dimenu tersebut
  4. Selesai

Kalian juga bisa mencoba cara lain dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan di hp android
  2. Pilih Koneksi
  3. Lalu pilih Wi-Fi
  4. Selanjutnya, klik nama wifi yang tengah kalian pakai
  5. Dan akan tertera alamat IP didalamnya
  6. Selesai

2.Komputer

Bagi ingin mengecek ip address menggunakan komputer, kalian bisa memanfaatkan command prompt atau control panel. Berikut caranya.

  1. Silahkan buka Command prompt di komputer
  2. Lalu ketik ipconfig –all lalu enter
  3. Maka ip address akan ditampilkan pada layar komputer kalian
  4. Selesai

3.Control Panel

Cara selanjutnya bisa dikatakan jauh lebih rumit dibandingkan cara-cara sebelumnya, untuk mengecek ip address maka kalian diperlukan step by step. Nah, dari pada penasaran langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

  1. Buka Control Panel
  2. Dibagian view by, lalu ganti menjadi small icons
  3. Silahkan klik network and sharing center
  4. Lalu pilih Koneksi yang kalian pakai saat ini
  5. Maka akan muncul tab baru, klik Details
  6. Dan IP address bisa dilihat pada layar PC kalian masing-masing
  7. Selesai

4.Online

Nah kalian juga bisa melihat ip address secara online, dan pas digunakan baik untuk perangkat PC atau android kalian. Selain itu, caranya tak kalah mudah dan simple. Berikut cara yang bisa kalian coba.

  1. Kunjungi whatismip.com di web browser
  2. Maka kalian akan ditampilkan dengan informasi IP address yang dipakai secara otomatis
  3. Selesai

Itulah kumpulan cara cek ip address dengan simpel dan mudah untuk bisa kalian coba menerapkannya sendiri di perangkat android atau komputer. Kalian juga bisa mengaksesnya secara online melalui website.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa informasi tentang cara cek ip address yang bisa kalian coba untuk mengecek ip address dengan mudah dan cepat. Tentukan cara yang paling dianggap mudah dari beberapa cara yang kami bagikan diatas. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu kalian untuk melihat alamat IP. Terimakasih.

You may also like