Cara Mengatasi Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

by Mujahid Sahroni
Cara Mengatasi Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Banyak orang menganggap bahwa sariawan merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jangan salah sangka dulu. Bisa jadi, sariawan yang tidak kunjung mereda adalah tanda-tanda atau reaksi tertentu dari tubuh dan harus segera diatasi.

Penyebab Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Meskipun demikian, ada beberapa kemungkinan kondisi yang memicu sariawan tidak kunjung sembuh. Jika memang kamu sudah mengalaminya hingga lebih dari 4 minggu, ada kemungkinan keadaan medis yang tidak boleh dibiarkan.

Simak penyebab sariawan belum bisa sembuh dalam jangka waktu yang sudah cukup lama berikut:

  • Sariawan yang masih normal dan memang membutuhkan waktu untuk pemulihan
  • Kemungkinan terserang penyakit autoimun
  • Leukoplakia
  • Gingivostomastitis yang rentan menyerang anak-anak
  • Terdapat risiko kanker mulut

Cara Mengatasi Sariawan yang Tidak Kunjung Sembuh

1.      Gunakan madu

Sebagai bahan yang alami, madu bisa menjadi penawar baik bagi sariawan yang sudah mengganggu terlalu lama. Hal ini didukung dengan senyawa antibakteri dan antiradang dalam menghilangkan rasa perih maupun mempercepat penyembuhan luka.

Gunakan secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan kunyit untuk menambah daya pemulihannya. Selain menyembuhkan sariawan, racikan madu juga mampu meningkatkan kesehatan bibir.

2.      Konsumsi ikan lebih rutin

Menurut penelitian, ikan diperkaya dengan nutrisi berupa vitamin B12 karena bisa jadi sariawan yang kamu alami disebabkan oleh kekurangan asupannya.

Oleh sebab itu, kamu bisa menambah asupan ikan sebagai menu harian supaya sariawan segera mereda. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa rata-rata seseorang bisa mengalami sariawan karena rendahnya tingkat asam folat dan vitamin B12 di dalam tubuh.

3.      Jika belum pernah, cobalah tambah asupan yoghurt

Yoghurt dikenal kaya akan bakteri baik dalam meningkatkan kemampuan penyembuhan sariawan. Selain itu, asupan yoghurt mampu menyeimbangkan kadar bakteri jahat dan baik di dalam tubuh, terutama di area mulut yang terkena sariawan.

Pilihlah yoghurt yang tidak mengandung gula. Asupan gula hanya akan menambah kesuburan sariawan dan meningkatkan potensi infeksi yang lebih berat.

4.      Konsumsi buah naga

Kalau kamu membutuhkan asupan vitamin C melebihi buah jeruk, maka kamu harus menambah konsumsi alami berupa buah naga.

Buah naga memiliki kandungan vitamin C 3 kali lipat lebih besar dibandingkan jeruk. Jika jeruk menyimpan 50-60 mg, maka buah naga diperkaya dengan 180 mg vitamin C. Selain itu, komposisi air yang cukup pada buah ini akan membantu menghidrasi area mulut dengan sariawan.

5.      Kacang kedelai

Tingginya zat besi pada kacang kedelai akan mendorong penyembuhan sariawan secara lebih cepat. Kamu bisa menggunakan olahan kedelai, seperti susu tanpa gula, supaya kemungkinan infeksi sariawan tidak semakin meningkat.

6.      Gunakan minyak kelapa

Olesan minyak kepala pada area yang terkena sariawan. Pembengkakan yang berkurang biasanya disertai dengan hilangnya rasa nyeri. Pakai minyak kelapa secara rutin supaya hasilnya semakin terlihat dari hari ke hari.

7.      Pemberian obat-obatan

Menggunakan beberapa jenis obat tertentu harus dikonsultasikan dengan tenaga medis terlebih dahulu. Tetapi, kalau memang kamu memutuskan untuk mengobatinya sendiri, pilih produk obat yang menjamin keamanan dan mampu bekerja secara maksimal dalam meredakan sariawan.

Sedang mencari obat paling ampuh untuk mengatasi sariawan? Sekarang, kamu bisa menggunakan obat sariawan dari Aloclair sebagai sarana penyembuhan luka sariawan terbaik, Kandungan atau komposisi utamanya lebih alami dan memudahkan pemakaian secara lebih fleksibel.

 

 

You may also like