Cara Mendapatkan Sertifikasi Ahli K3 Umum

by Mujahid Sahroni
Cara Mendapatkan Sertifikasi Ahli K3 Umum

Cara Mendapatkan Sertifikasi Ahli K3 Umum. Berdasarkan Permenaker No.2 tahun 1992 tentang tata cara penunjukkan tenaga ahli K3 mmum, membuat profesi ini menjadi sangat penting dalam setiap perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun kecil yang ada di Indonesia.

Sayangnya untuk menjadi ahli K3 Umum bukanlah hal yang mudah, seseorang terlebih dahulu harus memiliki sertifikasi ahli K3 Umum. Lantas bagaimana caranya seseorang bisa mendapatkan sertifikasi ahli k3 Umum? Berikut ulasannya.

 

Mencari Lembaga Pelatihan

Hal pertama yang harus dilakukan agar mendapat sertifikasi, Anda harus mencari lembaga atau tempat pelatihan khusus yang membuat pelatihan ahli K3 Umum. Karena pelatihan untuk seorang ahli K3 Umum lebih spesifik, jika dibandingkan dengan pelatihan K3 biasa.

Berdasarkan UU 1 tahun 1970 dan aturan pelaksanaannya, ahli K3 umum merupakan bentuk seleksi terhadap penilaian khusus kepada seseorang atau tenaga teknis tertentu yang telah mengikuti kursus sebagai petugas K3. Atau dengan kata lain pelatihan ini ditujukan untuk seseorang yang telah menjadi petugas K3, tetapi di kemudian hari ia juga berminat untuk menjadi ahli K3 umum.

Jadi, secara sederhana pelatihan ahli K3 umum lebih kepada kursus yang diselenggarakan untuk seorang calon trainer. Di mana ketika ia telah lulus dan mendapat sertifikasi ahli K3 Umum, maka ia bisa melatih orang-orang yang ingin menjadi seorang paper writing petugas K3.

Ada banyak cara dalam mencari lembaga pelatihan ahli K3 umum, salah satunya cara tercepat adalah dengan melakukan browsing di internet. Selain itu, jika sebelumnya Anda pernah mengikuti pelatihan K3 di sebuah lembaga pelatihan tertentu, tak ada salahnya untuk mengecek kembali lembaga tersebut apakah juga menggelar pelatihan khusus instruktur atau ahli K3.

 

Berani Berinvestasi untuk Pelatihan Tersebut

Berdasarkan Permenaker no. 2 tahun 1992 yang mengatur tata cara penunjukkan Ahli K3 Umum, dijelaskan bahwa setiap perusahaan yang mempunyai karyawan lebih dari  100 orang atau mempunyai resiko pekerjaan yang tinggi, wajib mempunyai P2K3 dan seorang Ahli K3 Umum.

Ahli K3 umum juga merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah yang bertugas mengawasi seluruh pekerjaan di tempat kerjanya. Agar sesuai dengan persyaratan undang undang dari pemerintah, dan mengurangi resiko peyakit akibat pekerjaan yang dikerjakan atau insiden kecelakaan di tempat kerja.

Selain itu ahli K3 merupakan tenaga kerja teknik yang berkeahlian khusus dan berada di luar Departemen Tenaga Kerja, di mana ia ditunjuk untuk mengawasi jalannya UU keselamatan kerja di sebuah perusahaan. Seseorang yang telah lulus dan memiliki sertifikasi ahli K3 umum memiliki wewenang dan profesinya diakui secara legal.

Mengingat betapa pentingnya profesi ini, maka tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali mengikuti pelatihan ini. Biasanya harga yang ditawarkan mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 8,5 juta. Namun, tentunya hal tersebut merupakan investasi, karena profesi ini merupakan profesi yang menjanjikan hingga puluhan tahun ke depan.

 

Mengikuti Pelatihan Secara Penuh

Pelatihan untuk seorang calon ahli K3 Umum harus diikuti sekurang-kurangnya 120 jam pelajaran atau sekitar 12 hari efektif. Biasanya pelatihan ini digelar mulai pagi hari hingga sore hari.

Keseriusan Anda dalam mengikuti berbagai materi dalam pelatihan tersebut biasanya mendapatkan penilaian dari tim penilai. Dan hal itu akan menentukan apakah peserta dapat dinyatakan lulus dan berhak ikut ke tahap berikutnya.

Demikian 3 cara yang bisa dilakukan agar seseorang bisa mendapat sertifikasi ahli K3 umum HYApakah Anda mau mencoba mengikutinya? Informasi lengkap hal itu semua bisa Anda temukan langsung di link ini

 

 

Originally posted 2020-01-05 02:50:18.

You may also like