Cara Membuat Virtual Background Zoom Melalui Canva Beserta Cara Memasangnya

by Mujahid Sahroni
cara membuat virtual background zoom

Zoom adalah aplikasi yang kini banyak digunakan untuk keperluan belajar mengajar maupun urusan pekerjaan. Background pada Zoom dapat diganti sesuai kreasi pengguna, supaya tampilannya menjadi lebih menarik. Penasaran bagaimana cara membuat virtual background Zoom melalui Canva dan cara memasangnya? Langsung simak ulasannya berikut ini!

Cara Membuat Virtual Background

Cara membuat virtual background Zoom dapat melalui aplikasi Canva. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengedit background. Selain itu, beberapa fitur yang tersedia dapat diakses secara gratis, cara menggunakannya pun tidak sulit sebagaimana berikut:

  • Install Canva. Bagi pengguna android, Canva dapat di download melalui Play Store, dan download melalui App Store bagi pengguna iOS. Aplikasi ini tidak terlalu besar, hanya dibekali dengan kapasitas 25 MB saja. Jika Canva sudah berhasil di download, lakukan install aplikasi.
  • Buat akun. Setelah Canva terinstall, lanjutkan dengan membuat akun pribadi supaya Canva dapat digunakan. Caranya, buka aplikasi dan ketuk tombol Sign Up. Masukkan semua data yang dibutuhkan untuk pembuatan akun, lalu klik tombol Get Started.
  • Buat virtual background. Setelah masuk di aplikasi Canva menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya, buka Zoom Virtual Background Maker dan klik tombol yang terletak di bawahnya. Disini pengguna dapat mulai membuat background dengan memanfaatkan fitur Templates, Elements dan lainnya.
  • Download hasilnya. Apabila background sudah selesai dibuat, pengguna dapat menyimpannya dengan mengetuk ikon tanda panah di bagian atas. Pilih jenis file dan resolusi yang diinginkan, lalu klik download. Saat proses download selesai, background yang dibuat akan tersimpan di Galeri.

Cara Memasang Virtual Background

Bagi beberapa orang yang tidak terbiasa menggunakan Zoom akan merasa bingung bagaimana cara mengganti virtual background. Namun, pengguna tidak perlu khawatir, karena di bawah ini aka nada ulasan mengenai cara memasang virtual background yang mudah dilakukan:

  • Pastikan Zoom yang dipakai memiliki fitur virtual background. Pemasangan virtual background hanya dapat dilakukan pada aplikasi terbaru saja. Untuk memastikannya cek dengan mengakses website Zoom Meetings dan Log In menggunakan akun yang dimiliki. Lalu, masuk ke Pengaturan dan tekan opsi In Meeting, tunggu beberapa saat hingga tersedia toggle Virtual Background.
  • Buka aplikasi Zoom. Setelah aplikasi terbuka, silahkan masuk pada ruangan meeting yang sedang berlangsung. Tekan ikon tanda panah yang terletak di menu Stop Video dan klik opsi Choose Virtual Background.
  • Pilih opsi Add Image. Klik ikon tambah terlebih dahulu untuk menemukan menu Add Image. Jika menu ini telah di klik, pilih folder tempat menyimpan background yang telah dibuat sebelumnya. Klik tombol Open dan virtual background Zoom berhasil dipasang.

Demikianlah cara membuat virtual background Zoom menggunakan aplikasi Canva dan cara memasangnya. Caranya sangat mudah bukan? Cara ini dapat segera dicoba, supaya tampilan saat meeting online tidak membosankan. Kunjungi website biggu untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

You may also like