Cara Membuat Strategi Media Sosial dalam 8 Langkah Mudah (Template Gratis)

by Mujahid Sahroni
Cara Membuat Strategi Media Sosial dalam 8 Langkah Mudah (Template Gratis)

Platform Media Sosial adalah tempat yang tepat untuk membangun merek Anda dan meningkatkan basis pelanggan Anda. Jika organisasi Anda perlu meningkatkan bisnisnya dan dengan demikian meningkatkan pendapatannya untuk tahun ini, Anda harus memiliki strategi media sosial yang konkret untuk melakukannya.

Seperti biasa, jika Anda tidak memiliki rencana atau strategi, Anda tidak dapat mencapai hasil yang Anda tuju. Menjadi organisasi mapan atau startup, mencapai dasar-dasar perencanaan mengarah pada kesuksesan di arena ini.

Artikel ini membantu Anda membingkai strategi media sosial untuk organisasi Anda hanya dalam delapan langkah mudah. Lihat dan implementasikan secepat mungkin tanpa kerumitan!

Langkah 1: Tetapkan Sasaran Pemasaran Media Sosial

Ini adalah langkah pertama yang Anda ambil untuk menciptakan konkret strategi media sosial yang untuk perusahaan Anda. Hasil yang ingin Anda capai melalui pemasaran media sosial harus jelas. Dapat berupa 

  • Peningkatan basis pelanggan atau basis komunitas dalam periode tertentu
  • Meningkatkan kesadaran merek di antara pelanggan di area tertentu dalam periode tertentu
  • Meningkatkan Pendapatan hingga persentase tertentu dalam jangka waktu tertentu

Dapat berupa salah satu dari ketiganya atau kombinasi dari ketiganya juga. Tapi intinya, Anda harus menetapkan SMART Goals berdasarkan tujuan bisnis Anda. 

Langkah 2: Target Audiens dan Riset Pasar

Saat Anda menetapkan tujuan yang tepat untuk strategi Media Sosial, Anda juga harus menyadari audiens target Anda. Ini adalah pelanggan potensial Anda yang akan membeli produk atau layanan Anda. Mengenal mereka sepenuhnya akan memberi Anda kesuksesan besar dalamAnda pemasaran media sosial perjalanan. Saat Anda meneliti, ketahui detail berikut

  • Usia dari sektor audiens yang Anda targetkan
  • Lokasi pelanggan
  • Pendapatan Rata-rata Pelanggan Potensial
  • Minat pelanggan target

Setelah Anda membuat daftar hal-hal ini, Anda akan dapat meneliti keberadaan online mereka. Lebih penting lagi, Anda dapat memahami kehadiran media sosial mereka. Kabar baiknya adalah, analitik media sosial akan memberi Anda data utama untuk detail yang Anda cari. 

Langkah 3: Pahami dan Pelajari tentang Persaingan Anda

Ini harus dilakukan secara bersamaan saat Anda meneliti audiens target. Anda dapat mengetahui dua informasi penting saat Anda meneliti pesaing Anda. Anda dapat mengetahui hal-hal yang bekerja dengan baik untuk mereka; yang lain adalah apa yang tidak berhasil untuk mereka. Anda dapat menggunakan informasi penting ini untuk mengatur strategi media sosial Anda.

Misalnya, jika kompetisi lebih pada konten berbasis video, Anda harus siap dengan tim Anda yang menggunakan cara yang luar biasa editor video online untuk memposting video lezat secara online. Pada saat yang sama, jika salah satu dari rencana mereka tidak berhasil, ketahui alasannya dan berimprovisasi pada hal yang sama jika menurut Anda itu kondusif. Pada saat yang sama, jika Anda merasa itu mungkin tidak berhasil, maka buanglah gagasan itu. 

Langkah 4: Audit Media Sosial

Ini harus dilakukan untuk organisasi Anda dan juga pesaing Anda. Sebagian besar organisasi menggunakan platform media sosial akhir-akhir ini, dan Anda bisa menjadi salah satunya. Jika ya, dapatkan data yang disebutkan di bawah tentang basis pelanggan Anda

  • Jenis konten apa yang berfungsi dan apa yang tidak berfungsi?
  • Manakah platform Media Sosial utama Anda yang memberikan hasil maksimal, dan mengapa?
  • Bagaimana kehadiran online Anda dibandingkan dengan pesaing Anda?

Juga, periksa informasi perusahaan di sumber publik, situs web Anda, dan halaman media sosial. Itu semua harus cocok. Ingat, Google memberi peringkat situs web Anda berdasarkan keaslian informasi yang tersedia di web.

Langkah 5: Tetapkan Profil Media Sosial

Meskipun Anda mungkin memiliki halaman FB atau Instagram, kenali jaringan yang digunakan oleh audiens target. Buat halaman media sosial di masing-masing platform media sosial tersebut. Komunitas milenial banyak menggunakan Tik Tok, dan peringkat kedua adalah Instagram. Sedangkan LinkedIn hanya digunakan oleh para profesional terdidik. Jika Anda merencanakan kehadiran media sosial untuk menargetkan wanita, maka Pinterest harus menjadi pilihan pertama. 

Langkah 6: Tetapkan Tim Lintas Fungsi

Meskipun Anda mungkin memiliki khusus pemasaran digital tim untuk membuat dan mengunggah postingan, harus ada tim lintas fungsi yang dapat menawarkan wawasan berharga tentang keberadaan media sosial. Beberapa departemen di organisasi Anda mungkin memiliki informasi penting tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jadi, membentuk tim yang melibatkan banyak departemen akan menjadi lebih penting untuk hasil terbaik. 

Langkah 7: Pantau Kemajuan

Saat Anda menetapkan strategi media sosial, Anda harus memiliki rencana untuk memeriksa metrik dibandingkan dengan tujuan yang ditetapkan. Ini akan membantu mengidentifikasi kampanye yang berhasil dan yang tidak. Juga, periksa metrik vital yang mendorong hasil dan bukan yang tidak perlu. Anda harus selalu memiliki rencana B untuk setiap rencana eksekusi dan melakukannya saat dibutuhkan. Pada saat yang sama, bandingkan juga metrik dengan pesaing. 

Langkah 8: Konsisten

Di sinilah sebagian besar organisasi ketinggalan. Beberapa perusahaan akan aktif untuk jangka waktu tertentu melalui media sosial dan menghilang sepenuhnya. Anda harus konsisten dengan kehadiran Anda. Organisasi Anda harus memiliki langkah-langkah kepatuhan yang disiapkan untuk memantau proses di platform media sosial.

Tidak ada gunanya mengunggah video hari ini dan melakukan hal yang sama setelah 60 hari. Akan membantu jika Anda memiliki rencana yang jelas untuk frekuensi pembaruan media sosial. 

Mencari perhatian dari pelanggan juga bukan ide yang buruk. Tapi itu bukan desis botol soda. Kehadiran Anda di media sosial harus konstan, dan kecepatannya bisa moderat di awal. Saat basis pelanggan bertambah, Anda harus siap menjawab pertanyaan mereka secara online tanpa membuang banyak waktu. 

Kesimpulan

Strategi ini efektif untuk pertumbuhan media sosial Anda. Gunakan mereka untuk meningkatkan permainan media sosial Anda dan pastikan Anda meraih kesuksesan.

You may also like