Cara Membersihkan Sofa Berjamur

by Mujahid Sahroni
Cara Membersihkan Sofa Berjamur

Sofa merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang menjadi pelengkap ruang tamu maupun ruang keluarga. Namun, kerap kali masalah datang dan membuat pemilik sofa jadi tidak nyaman ketika menggunakannya. Salah satu permasalahan tersebut adalah sofa berjamur. Kalau sudah begini rasanya ingin sekali ganti dengan sofa baru. Ya, kan?

Akan tetapi, urungkan niat Anda untuk membeli sofa baru karena ada cara membersihkan sofa berjamur yang bisa dilakukan. Wah, benarkah? Lantas, bagaimana cara membersihkan sofa yang berjamur? Simak pembahasan di halaman ini hingga akhir.

Daftar Cara Membersihkan Sofa Berjamur 100% Work

Jamur pada sofa disebabkan ketidakbersihan sofa itu sendiri, sehingga jamur mulai tumbuh. Biasanya jamur akan muncul jika ruangan tempat sofa diletakan cenderung lembab. Nah, berikut ini adalah beragai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk membebaskan sofa dari serangan jamur:

1.   Gunakan Alat Pembersih Kering

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan sofa adalah menggunakan alat pemberih kering untuk mengelapnya. Alat pembersih yang bisa Anda gunakan adalah lap kain kering, kemoceng, dll. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan debu yang membandel di sofa milik Anda.

2.   Kain yang Agak Lembab untuk Menghilangkan Noda

Sofa berjamur biasanya dibarengi dengan banyaknya noda membandel yang membua tampilan sofa jadi tidak kece dan malah terkesan kumuh. Untuk menghilangkan noda tersebut, Anda hanya perlu menggunakan kain lap yang agak lembab, ingat agak lembab ya, bukan basah.

Sebenarnya, caraini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur, sehingga noda membandel dan jamur bisa diesekusi pada langkah kedua ini.

3.   Cairan Cuka Apel

Cairan cuka apel tidak hanya populer dan terkendal dalam membasmi jerawat, namun juga bisa digunakan untuk membasmi jamur pada sofa. Cara menggunakannya sangat gampang, Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air bersih secukupnya.

Jika sudah tercampur rata, celupkan lap kering dalam air campuran tersebut. Setelah itu peras, agar kain tidak terlalu basah, kemudian gosokkan kain ke area sofa yang berjamur.

Dengan cuka apel, tak hanya jamur saja yang bisa diesekusi, malah sofa Anda bisa tambah mengkilap dan nyaris seperti baru lagi. Pastinya hal ini akan membuat Anda senang karena bisa menghemat biaya, karena tidak harus membeli sofa baru, kan?

4.   Gunakan Vacuum Cleaner

Cara keempat merupakan cara yang paling ampuh, namun biaya yang dikeluarkan cukup besar karena Anda perlu membeli vacuum cleaner. Akan tetapi, sebandel apapun jamur pada sofa Anda, bisa diatasi dengan menggunakan alat ini. Jadi, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada sofa berjamur.

Tidak hanya jamur saja, debu-debu yang ada di bagian terdalam sofa juga bisa disedot hingga tak berbekas dengan alat penyedot satu ini. Wah, sofa bakalan jadi tambah bersih, kan?

5.   Menggunakan Pelembab

Nah, yang kelima adalah menggunakan pelembab. Sebenarnya tidak semua sofa bisa dibersihkan dengan pelembab, hanya sofa sistetis saja. Cara kelima ini tak hanya dapat membersihkan jamur, tetapi juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya jamur di sofa, khususnya sofa sintetis.

Selain itu, dengan adanya pelembab ini, tampilan sofa sintesis akan jauh lebih menarik dari sebelumnya. Hal tersebut karena setelah dilap dengan pelembab, sofa akan jauh lebih mengkilap.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cara membersihkan sofa berjamur yang sangat mudah dilakukan. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu, maka bisa menggunakan Jogjaclean.com. Jasa satu ini akan membuat sofa milik Anda kembali seperti baru lagi dan terbebas dari jamur. Selain itu, Anda juga bisa menikmati jasa sedot tungau Jogja paling berkualitas di tempat ini.