Bukan Hanya Furniture, Empat Jenis Tangga Lipat Ini Sering Dibutuhkan Di Rumah

by Mujahid Sahroni
Tangga Lipat

 Peralatan rumah tangga bukan hanya sebatas pada furniture ruang tamu, dapur atau kamar tidur. Lebih jauh dari itu, perkakas juga dibutuhkan dalam sebuah rumah. Ada beberapa kegiatan yang harus menggunakan perkakas agar bisa diselesaikan. Salah satu perkakas yang harus dimiliki dalam rumah tangga adalah tangga.

Ada beberapa jenis tangga yang bisa dipilih untuk rumah tangga kamu. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum memilih tangga untuk disimpan di rumah adalah ukuran tangga tersebut. Tangga lipat bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tidak memiliki banyak tempat penyimpanan. Ada beberapa jenis tangga lipat yang bisa kamu pilih, seperti

  1. Tangga lipat multifungsi (scaffolding)

Tangga lipat jenis ini tidak membutuhkan sandaran dinding. Hal ini karena tangga ini bisa dilipat dalam berbagai sudut dan lipatan. Engsel tangga lipat jenis ini hadir dalam berbagai variasi yang cukup inovatif. Tangga ini dapat menanggung berat hingga 100 kg. Ketinggian dari jenis tangga ini mulai dari 3-4 meter dalam kondisi terlipat dan bisa mencapai 12 meter dalam kondisi terbentang. Tangga ini biasanya digunakan untuk membersihkan kaca, mengecat dinding dan membersihkan jendela. Tidak jarang juga orang menggunakannya untuk mencuci mobil.

  1. Tangga lipat pijak (step ladder)

Tangga lipat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan sering sekali ditemui di dalam sebuah rumah atau kantor. Tangga lipat tanpa sandaran ini memnudahkan kamu untuk memindahkannya dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Nah, jumlah anak tangga pada jenis tangga ini juga bermacam-macam, mulai dari satu pijakan jingga empat pijakan. Bahannya juga terbuat dari berbagai macam, seperti kayu, plastik, stainless steel dan aluminium.

  1. Tangga teleskopik

Jenis tangga teleskopik ini termasuk tangga lipat yang praktis dan tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya. Untuk menyimpan tangga ini, kamu tidak perlu menyiapkan tempat yang terlalu luas, sebab ketinggian tangga ini bsia disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis tangga yang satu ini sangat sesuai untuk kamu yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas.

  1. Tangga lipat teropong

Seperti namanya, tangga yang satu ini bisa dilipat naik dan turun layaknya teropong yang bisa diperkecil dan diperbesar. Memiliki tinggi hingga mencapai 4 meter, sehingga memudahkan para pemakainya. Uniknya, semakin tinggi tangga jenis ini, maka kapasitas bobotnya akan semakin berkurang.

Meski sering terlupakan, nyatanya tangga lipat sangat dibutuhkan untuk beberapa kegiatan di dalam rumah. Nah, karena tangga bisa menyebabkan kecelakaan, kamu juga membutuhkan kotak p3k di dalam rumah. Jika terjadi kecelakaan atau luka pada anggota keluarga, kamu tidak perlu panik, sebab semua obat dan alat kesehatan biasanya tersimpan rapi di kotak tersebut.

You may also like