Bosan dengan Ayam Goreng, Yuk Coba 6 Olahan Kekinian Berikut Ini

by Mujahid Sahroni
Bistik Ayam

Saat mulai bosan dengan menu itu-itu saja, tak ada salahnya Anda mencoba beberapa olahan ayam kekinian berikut ini. Dijamin, pasti suka!

Bagi sebagian besar orang, ayam goreng adalah pilihan menu yang tepat untuk menjadi hidangan sehari-hari. Selain karena prosesnya yang mudah, gurih dan renyahnya juga sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih dan sambal. Apalagi, kandungan gizi, kalori, dan nutrisinya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Harganya yang juga tidak terlalu mahal membuatnya bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Namun tentunya, mengonsumsi menu ayam goreng terlalu sering juga akan menimbulkan rasa bosan. Dibutuhkan kreasi menu makanan yang lebih variatif agar keluarga selalu betah menyantap hidangan rumah. Nah, bagi Anda yang tengah mengalami hal tersebut, yuk simak beberapa kreasi olahan ayam kekinian berikut ini.

 

1. Bistik Ayam

Bistik Ayam

Sumber : lifestyle.okezone.com

 

Ketika mendengar kata ‘bistik’, barangkali yang ada dalam benak adalah menu olahan daging dengan bumbu kecap. Padahal, selain daging sapi, daging ayam pun bisa diolah menjadi menu serupa. Tentunya, dengan kelezatan yang khas nan menggoda untuk dijadikan teman bersantap sepiring nasi putih hangat. Sangat cocok untuk dijadikan pilihan menu makan siang atau malam bersama keluarga, bukan?

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menumis daging ayam yang sudah dipotong tipis memanjang dengan bumbu yang telah disediakan. Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah, lada bubuk, pala, jahe, cengkeh, dan kecap. Lalu masukkan pula kentang, wortel, dan tomat yang sudah dipotong ke dalam tumisan tersebut. Biarkan hingga matang dan meresap,  kemudian beri taburan bawang goreng.

Sebenarnya, menu ini juga telah banyak dijual di rumah makan atau restoran. Jadi, Anda yang tengah malas memasak pun tetap bisa menikmati kelezatannya yang memang sangat menggoda ini. Tak perlu memikirkan soal harga, karena Anda yang memiliki voucher atau cashback dari ShopBack bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan diskon.

 

2. Ayam Geprek

Ayam Geprek

Sumber : kissfmmedan.com

 

Bagi Anda para pencinta makanan pedas, menu kekinian yang satu ini bisa dicoba. Apalagi, selain rasa pedas, menu ini juga menawarkan gurih dan renyahnya daging ayam yang pastinya sangat memanjakan lidah. Dijamin, Anda pun akan ketagihan dan ingin nambah porsi makan.

Untuk resep ayam geprek, sebenarnya tak jauh berbeda dengan ayam goreng crispy. Yakni, ayam dibalut dengan tepung bumbu dan digoreng hingga berwarna kecokelatan. Kemudian ayam renyah ini akan digeprek bersama sambal, hingga bagian daging terlumuri olehnya. Alhasil, hidangan ayam ini akan memberikan sensasi pedas, gurih, renyah, dan crispy sekaligus. Anda juga bisa melihat resep ayam geprek lainnya di ShopBack.

 

3. Ayam Teriyaki

Ayam Teriyaki

Sumber : gulalives.co

 

Ingin menikmati menu olahan ayam ala Jepang, tetapi tidak ingin kantong jebol? Buat saja menu ayam teriyaki di rumah. Selain lebih hemat dan higienis, membuat sendiri makanan yang hendak disantap juga menimbulkan sensasi menyenangkan, lo. Apalagi, jika semua anggota keluarga ternyata juga menyukai dan lahap memakannya.

Untuk membuatnya juga tidak terlalu susah, kok. Pertama, siapkan daging ayam fillet (ayam tanpa tulang dan kulit) dan potong dadu dengan ketebalan sekitar 1cm. Tumis bumbu yang telah disiapkan, yakni bawang putih dan bawang bombai. Kemudian, masukkan potongan daging ayam dan aduk hingga rata. Setelah itu, campurkan minyak wijen, saus teriyaki, garam, soyu, dan kecap. Tambahkan pula air secukupnya, agar bumbu bisa meresap dan mengental. Setelah matang, ayam teriyaki bisa dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.

Dijamin, rasanya tak kalah dengan ayam teriyaki ala restoran Jepang ternama sekelas HokBen. Atau, bagi yang memiliki voucher atau cashback dari ShopBack, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapat potongan harga. Lumayan kan bisa makan di HokBen dengan lebih hemat.

 

4. Sate Ayam Taichan

Sate Ayam Taichan

Sumber : infojakarta.net

 

Bagi para penggemar sate, olahan ayam yang satu ini wajib dicoba. Pasalnya, jika sate pada umumnya disajikan dengan bumbu kacang, menu kekinian ini justru diberi air perasan jeruk limau dan sambal. Alhasil, rasanya tak hanya pedas, tetapi juga ada sensasi rasa asam dan gurih. Sebuah cita rasa sate yang unik, namun dijamin mampu membuat lidah bergoyang dan ketagihan.

Artikel lain : Filosofi yang Wajib Diketahui Ahlinya Nasi Tumpeng

 

5. Sop Ayam Pecok

Di musim hujan, rasanya sangat pas bagi Anda untuk membuat hidangan hangat seperti sop ayam. Tak hanya menawarkan sajian kuah yang lezat, menu ini juga terbukti mampu menghangatkan tubuh dan suasana di tengah dinginnya cuaca.

Salah satu menu kekinian yang bisa dicoba adalah Sop Ayam Pecok asal Klaten yang terkenal dengan kekhasan cita rasa dan bumbunya. Sop ini terbilang cukup berbeda dari kebanyakan, baik dari segi bahan, proses pembuatan, hingga penyajian. Bahkan, istilah ‘Pecok’ sendiri berasal dari kata ‘potong’, mengingat penyajiannya yang berupa potongan daging ayam pilihan sendiri. Entah itu paha, sayap, atau bagian tubuh ayam lainnya.

Sedangkan untuk proses pembuatan, setidaknya ada tiga langkah utama yang harus dilakukan. Pertama, ayam harus dikukus selama 2-3 jam untuk menghilangkan lemak jahat yang ada padanya. Kemudian, ayam harus direbus kembali dengan bumbu kaldu hingga dirasa cukup meresap. Terakhir, masukkan potongan daun seledri dan bawang goreng hingga sop ayam pun bisa dinikmati. Soal rasa, Anda akan menikmati sensasi rasa segar, spicy, lezat, sedikit gurih. Dijamin, pasti ketagihan!

 

6. Ayam Kremes

Ayam Kremes

Sumber: resepkakak.com

 

Satu lagi olahan kekinian yang wajib Anda coba di rumah adalah Ayam Kremes. Sebenarnya, olahan ini tak jauh berbeda dengan ayam goreng, hanya saja terdapat taburan remah tepung terigu sehingga tercipta sensasi kremes. Taburan ini bisa Anda balurkan ketika ayam masih di penggorengan ataupun ketika akan disajikan. Tentunya, sensasi renyah dan kremes ini akan membuat olahan ayam goreng Anda semakin spesial dan menjadi favorit keluarga.

Dari keenam pilihan menu tersebut, mana yang akan lebih dulu Anda coba?

You may also like