Bisnis Skincare Menjadi Booming dan Menarik di Tahun 2020

by Mujahid Sahroni
Bisnis Skincare

Bisnis skincare di Indonesia memberikan peluang yang sangat menjanjikan. Berdasarkan data Euromonitor International bertajuk The Future of Skin Care, Indonesia dianggap akan menjadi penyumbang terbesar kedua untuk pertumbuhan perawatan kulit di dunia.

Data dari Euromonitor International, total pasar skin care Indonesia akan mencapai lebih dari US$2 miliar pada 2019 atau sekitar 33% dari total pendapatan pasar kecantikan disumbang dari industri perawatan kulit. Beberapa orang bakal memprediksi bahwa bisnis skincare akan meledak penjualannya di tahun 2020.

Melihat data tersebut, peluang usaha skin care juga makin mulai diminati oleh banyak orang. Bisnis skincare seakan menjadi daya tarik baru bagi pebisnis di tanah air. Banyak cara yang dilakukan untuk terjun ke bisnis skin care ini, mulai dari bisinis skincare online, menjadi dropship skincare, menjadi reseller skincare hingga membuat produk skincare dengan brand sendiri. Produk skincare di tanah air semakin diminati dan dicari banyak orang. Dengan permintaan produk skincare yang semakin meningkat tapi ketersediaanya juga belum terlalu banyak di pasaran, tentu terjun ke dalam bisnis skincare begitu menjanjikan. Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis skincare, tak ada salahnya mencoba membuat produk skincare dengan brand sendiri.

Sebelum mulai menjalankan bisnis skincare ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, khususnya bagi anda yang akan menjalankan bisnis skincare dengan membuat produk skincare sendiri. Banyak hal yang anda persiapkan sebelum membuat produk skincare dengan brand sendiri, hal ini bertujuan agar produk kosmetik yang dihasilkan memiliki kualitas maksimal dan tentunya digemari oleh banyak konsumen. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat produk skincare dengan brand sendiri.

Pahami dulu jenis skincare dan kegunaanya

Sebelum memutuskan untuk bergerak dalam bisnis skincare, anda harus paham dan mengetahui apa saja jenis skincare sekaligus fungsinya. Karena setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Jenis kulit setiap orang yang berbeda juga membutuhkan perawatan berbeda dari sebuah produk skincare. Setiap produk skincare yang diproduksi memiliki jenis dan kegunaan khusus untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda. Misalkan saja skincare buat kulit berminyak dan skin care buat kulit kering. Kedua masalah kulit ini membutuhkan jenis skincare yang khusus untuk perawatan kulit khsusunya memperbaiki nutrisi kulit. Hal ini berbeda dengan skincare buat wajah berjerawat, sebab jenis skincare yang digunakan lebih mengandalkan kemampuan untuk melawan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit. Sementara itu, skin care buat kulit sensitif membutuhkan jenis produk skin care yang lebih khusus lagi, sebab kegunannya juga bersifat khusus.

Banyak nya jenis produk skincare membuat orang yang ingin memulai bisnis ini cukup kesulitan, sebab harus mengetahui banyaknya jenis produk dan kegunaannya. Anda bisa memulai mencari informasi jenis dan kegunaan produk skin care dari berbagai sumber, mulai dari hasil riset atau penelitian, informasi dari produk skincare yang sudah ada hingga bertanya pada ahlinya. Ketika sudah mengetahui banyak informasi tentang jenis-jenis produk dan kegunaan skin care, anda bisa menentukan sendiri jenis dan produk yang akan anda buat.

Manfaat lain dari mengetahui jenis –jenis dan kegunaan produk skincare adalah anda memiliki ilmu yang cukup ketika akan memulai bisnis ini. Misalkan saja jika hendak bekerja sama dengan mitra bisnis, setidaknya anda memiliki pengetahuan dasar sehingga bisa memberikan gagasan tentang produk skin care selain itu mencegah anda tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Konsultasi untuk mendapatkan formula skincare yang tepat

Berkonsultasi dengan ahli skin care atau praktisi kecantikan yang mengetahui segala hal tentang skin care menjadi sangat penting. Jika anda memulai bisnis skin care dengan pengetahuan yang minim, berkonsultasi dengan ahlinya adalah hal yang wajib dilakukan. Ketika anda memiliki ide untuk membuat produk skincare, misalkan jenis produk skin care yang akan di buat serta kegunannya, konsultasikanlah dengan pakarnya agar bisa mendapatkan hasil skincare yang berkualitas, aman serta efeknya bisa dirasakan langsung oleh konsumen.

Manfaat konsultasi dengan ahli atau pakarnya adalh mendapatkan formula skincare yang tepat. Dari formula skincare yang tepat, anda bisa merinci segala kebutuhan bahan yang akan digunakan untuk membuat sebuah produk skin care. Dari sini juga anda bisa menentukan besarnya modal awal yang akan digunakan untuk memulai bisnis skin care.

Tentukan target pasar anda siapa saja

Setelah mendapatkan formula skincare yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar yang akan jadi jangkauan pemasaran. Menentukan target pasar disini artinya menentukan siapa konsumen yang akan menjadi pengguna produk skin care yang anda buat. Pada umumnya anda bisa menyasar target pengguna skin care secara luas dan dari berbagai kalangan. Namun jika anda ingin menentukan target pasar yang spesifik juga tidak masalah, seperti membuat produk skin care untuk kebutuhan remaja, wanita dewasa hingga ibu-ibu rumah tangga. Atau membuat target pasar lebih spesifik berdasarkan jenis dan kegunaan produk skin care anda.

Semakin besar target pasar yang anda tuju, semakin baik pula untuk kemajuan bisnis skin care anda ke depannya. Mengingat dengan target pasar yang besar, produk skin care anda akan lebih banyak terjual dan menghasilkan keuntungan lebih banyak. Akan tetapi, memiliki target pasar besar juga membutuhkan modal besar di awal, baik untuk biaya produksi maupun distribusi produknya.

Rencanakan strategi marketing yang efektif secara online maupun offline

Hal terakhir yang diperhatikan sebelum membangun bisnis skin care adalan menyusun rencana strategi marketing dari produk skin care yang dibuat. Anda bisa memasarkannya secara online maupun offline. Anda bisa mendistribusikan produk skin care melalui agen atau grosir produk skin care, reseller produk skin care hingga membuka drop ship skin care. Selain itu, anda bisa memanfaatkan berbagai platform sosial media, E- Comerce dan web untuk melakukan produk skin care secara online. Pemasaran produk secara online di jaman sekarang lebih produktif dan mempunyai jangkaun lebih luas. Bisa di bilang pemasaran produk skin care secara online lebih efektif daripada secara offline.

Pemasaran produk baik secara online atau offline juga memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun hal terpenting dari strategi marketing adalah mampu menjual produk sebanyak- banyaknya dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Pemasaran atau marketing menjadu kunci utama sebuah bisnis bisa berkembang pesat atau tidak, untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang benar-benar tepat dan efektif.

Memilih jasa maklon kosmetik sebagai mitra kerja untuk mewujudkan produk skincare yang anda inginkan

Jasa maklon kosmetik dapat membantu anda dalam memulai bisnis skincare impian anda. PT Mash Moshem Indonesia adalah salah satu jasa maklon kosmetik yang siap membantu anda dalam membangun bisnis skincare yang anda impikian. Menggunakan jasa maklon kosmetik juga menjadi pilihan yang tepat agar anda bisa menciptakan sebuah produk skin care dengan brand sendiri secara mudah. Jasa maklon kosmetik dapat membantu anda membuat produk skin care dari mulai nol hingga produk tersebut siap di pasarkan untuk konsumen. Anda juga tak perlu lagu masalah legalitas produk, sebab biasanya jasa maklon kosmetik akan membantu pengurusan legalitas produk hingga tuntas.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa maklon kosmetik, pilihlah jasa maklon kosmetik profesioanal dan dapat dipercaya. PT Mash Moshem adalah jasa maklon kosmetik yang bisa jadi pilihan tepat ketika memilih jasa maklon kosmetik. Anda dapat berkonsultasi secara langsung untuk mendapatkan produk skin care yang punya kualitas maksimal. Untuk masalah harga, menggunakan jasa maklon kosmetik juga jauh lebih murah dibanding harus membangun sendiri dari nol, serta lebih efektif dan bisa menghasilakan produk skin care yang sesuai impian anda.

You may also like