Berita Aktual Terpercaya, Muhammadiyah Menentukan Awal Ramadan

by Mujahid Sahroni
Berita Aktual Terpercaya, Muhammadiyah Menentukan Awal Ramadan

Berita Aktual Terpercaya baru-baru ini terkait keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang telah menetapkan awal puasa atau 1 ramadhan 1443H jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022. Penetapan awal Ramadhan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomi oleh majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah. Artinya Muhammadiyah akan melakukan tarawih pada malam  Jumat 1 April 2022 dan mengawali puasa pada hari Sabtu 2 April 2022. Sehingga satu Syawal 1443H jatuh pada  hari Senin 2 Mei 2022. Berikut perbedaan metode penentuan Ramadan NU dan Muhammadiyah.

 

Metode yang digunakan

Dalam menentukan awal bulan ramadhan biasanya di lakukan dengan dua cara yaitu Ru’yah atau penampakan bulan dan hisab yaitu perhitungan secara matematis dan astronomi. Metode Ru’yah adalah cara untuk melihat secara langsung bulan sabit di kaki langit pada waktu ghurub dengan mata atau biasa menggunakan alat bantu optik. Sedangkan Metode Hisab memiliki arti yaitu menghitung, mengukur atau mengkalkulasi.

Metode Ru’yah biasanya di pilih oleh NU sebagai penentu awal Ramadan. Alasan NU memiliki menggunakan metode Ru’yah karena berpatokan pada hadits Rasulullah. “Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah karena melihat hilal pula yaitu pada saat idul Fitri.Jika bulan terhalang oleh awan terhadapmu, maka genapkanlah bilangan bulan syaban tiga puluh hari.” (HR AL Bukhari dan Muslim). NU dalam menentukan awal Ramadhan akan melakukan sidang isbat. Sidang isbat dilakukan sehari menjelang puasa dan pada hari terakhir bulan syaban.

Berbeda dengan Muhammadiyah memilih menggunakan metode Hisab sebagai penentu awal bulan ramadhan. Hal tersebut dipilih karena berdasarkan Al-Qur’an Surat Yunus ayat 5 “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan nya manzilah manzilah bagi perjalanan bulan itu,supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan. Allah tidak menciptakan yang demikian  melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda kepada orang-orang yang mengetahui.”

Demikian cara Muhammadiyah menentukan awal Ramadhan. Dengan metode hisab juga dapat diketahui bahwa Muhammad akan merayakan idul Adha pada 9 Juli 2022 atau pada 10 zulhijah 1443 hijriah.

Originally posted 2022-02-14 15:16:41.

You may also like