Berbagai Rekomendasi Film Cerita Silat

by Mujahid Sahroni
Kung Fu Cult Master 1993

Bagi para penggemar cerita silat, pasti melakukan salah satunya, baik itu membaca buku novel silat ataupun menonton filmnya.

Jika isi ceritanya menarik, biasa sebuah novel cerita silat akan di adaptasi ke berbagai media, mulai dari film layar lebar, drama wuxia, permainan video game, dan lainnya.

Kali ini Mediaindo akan memberikan rekomendasi tiga judul film cerita silat seru yang wajib ditonton.

  1. Kung Fu Cult Master 1993

Film ini di adaptasi dari novel cerita silat berjudul ‘Heavenly Sword And Dragon Slaying Sabre’ karya penulis Hong Kong, Jin Yong. Seperti dilansir cerita-silat.net, Jin Yong adalah salah satu pengarang cerita silat terbaik yang pernah ada.

Bagi yang belum tahu, adaptasi judul ‘Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre’ sering dinobatkan sebagai Drama Wuxia Terbaik dalam berbagai ajang penghargaan film asia.

Film Kung Fu Cult Master 1993 dibintangi oleh aktor laga Jet Li sebagai tokoh utama bernama Chang Mo-Gei.

Chang Mo-Gei adalah anak yatim piatu yang tumbuh besar dengan penyakit luka dalam dari racun es. Kedua orang tuanya meninggal karena didesak oleh dunia persilatan untuk memberitahu lokasi persembunyian dari Xie Xun, seorang penjahat sekte Ming yang dipercaya menyimpan Golok Naga.

Suatu hari, Chang Mo-Gei jatuh dari tebing bersama dengan seorang gadis bernama Xiaozhao, kemudian mereka bertemu Huogong Toutuo secara kebetulan, kemudian nantinya Chang Mo-Gei berhasil pulih dari luka dalam racun es dan mempelajari ilmu 9 Matahari  yang kuat. Chang Mo-Gei kemudian mengetahui bahwa Enam Sekte Lurus yang diketahui oleh Sekte Shaolin sedang merencanakan penyerangan ke markas sekte Ming di Puncak Terang. Chang Mo-Gei berusaha menghentikannya, karena dia tahu bahwa dibalik itu terdapat konsiprasi dari Mongol.

 

  1. Royal Tramp

Film ini dibintangi oleh actor komedi Stephen Chow, yang terkenal selalu membintang film komedi dengan aksi konyolnya.

Royal Tramp memiliki kelanjutan sekuel dari yang pertama, disebut Royal Tramp II dan dirilis pada tahun yang sama, yaitu tahun 1993.

Royal Tramp diadaptasi dari novel berjudul inggris ‘The Duke of Mount deer’, yang dirilis pada surat kabar Ming Pao pada tahun 1969.

Stephen Chow berperan sebagai tokoh bernama Wai Siu-bo yang sangat licik dan tidak mengerti ilmu silat apapun. Suatu hari, Wai Siu-bo  menyelamatkan seorang pemimpin pemberontak dari organisasi Langit dan Bumi, Chan Kan-nam. Kemudian Wai Siu-bo memintanya untuk mengajarinya ilmu silat. Permintaan itu diterima oleh Chan Kan-nam yang kemudian mengangkatnya menjadi murid.

Chan Kan-nam menugaskan Wai Siu-bo untuk menyusup ke istana dan mencuri beberapa benda rahasia yang penting. Tapi tanpa disangka, setelah beberapa waktu ke istana, Wai Siu-bo malahan menjadi sahabat dekat kaisar dinasti Qing karena factor kebetulan, yang membuat karirnya melambung tinggi.

Wai Siu-bo harus menghadapi berbagai godaan atas status istimewanya itu, dan juga menjaga keseimbangan untuk tetap setia kepada gurunya dan organisasi Langit dan Bumi.

 

  1. Crouching Tiger, Hidden Dragon

Crouching Tiger, Hidden Dragon yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti Harimau Berjongkok, Naga Tersembunyi adalah sebuah film wuxia tahun 2000 yang disutradarai oleh Ang Lee dan ditulis oleh Wang Hui-ling.

Film ini dibintangi banyak aktor dan aktris terkenal termasuk Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, Zhang Ziyi dan Chang Chen.

Crouching Tiger, Hidden Dragon diadaptasi dari novel berjudul sama oleh pengarang wuxia bernama Wang Dulu, yang diterbitkan pada tahun 1941-1942. Ini didasarkan pada novel Cina dengan nama yang sama yang diserialkan antara tahun 1941 dan 1942 oleh Wang Dulu.

Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah novel volume keempat dari seri Besi Bangau. Total ada lima volume pada seri Besi Bangau. Film ini sukses besar  di pasar internasional, dan berhasil masuk Box Office dengan mendapat keuntungan mencapai 213 juta dollar Amerika.

Demikian tiga film silat rekomendasi Mediaindo yang wajib ditonton para penggemar cerita silat.

Originally posted 2022-04-12 13:34:45.

You may also like