Begini Prosedur Pengurusan SLF Rumah Sakit, Anda Juga Wajib Tahu!

by Mujahid Sahroni
Begini Prosedur Pengurusan SLF Rumah Sakit, Anda Juga Wajib Tahu!

Sertifikat Layak Fungsi atau SLF menjadi salah satu sertifikat yang harus dipenuhi oleh setiap bangunan gedung, termasuk bangunan rumah sakit yang Anda kelola atau Anda miliki.Tanpa adanya SLF, bangunan rumah sakit tidak dapat beroperasi secara legal, serta bahkan bisa saja rumah sakit terebut dibongkar secara paksa oleh pemerintah.

Dengan adanya SLF, bangunan rumah sakit akan terjamin keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan masyarakat dalam menggunakan bangunan dan lingkungan rumah sakit. Bangunan rumah sakit, klinik, dan apotek masuk ke dalam kategori bangunan dengan fungsi yang unik, yaitu bangunan yang berkaitan dengan fungsi kesehatan.Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap bangunan rumah sakit, klinik, dan apotek memang sudah semestinya memiliki SLF sebelum beroperasi.

Prosedur Pengurusan SLF Rumah Sakit

Lantas bagaimana cara mengajukan SLF Rumah sakit? Nah, berikut adalah prosedur pengurusan SLF rumah sakit.

Tentukan Terlebih Dahulu Klasifikasi Dari Bangunan yang Ingin Dibuatkan SLF

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa klasifikasi bangunan gedung dalam mengajukan SLF. maka dari itu, sebelum mengajukan SLF rumah sakit, Anda perlu sekali mengetahui klasifikasi bangunan rumah sakit yang Anda miliki atau Anda kembangkan. Berikut adalah beberapa keterangan mengenai klasifikasi bangunan gedung.

  • Kelas A, diperuntukan untuk bangunan kategori non-rumah tinggal di atas delapan lantai
  • Kelas B, diperuntukan untuk bangunan kategori non-rumah tinggal kurang dari delapan lantai
  • Kelas C, diperuntukan untuk bangunan rumah tinggal dengan luas lebih atau sama dengan 100 meter per segi
  • Kelas D, diperuntukan untuk bangunan rumah tinggal dengan luas kurang dari 100 meter per segi.

Lengkapi Persyaratan SLF Bangunan Gedung

Jika Anda sudah paham mengenai klasifikasi dari bangunan rumah sakit yang akan Anda buatkan SLF, maka selanjutnya Anda perlu sekali melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi agar SLF rumah sakit dapat diterbitkan. Persyaratannya meliputi :

  • Berita Acara bahwa pembangunan gedung telas selesai dan sesuai dengan IMB
  • Laporan lengkap dari pihak Direksi Pengawas
  • Fotokopi IMB lengkap (1 set)
  • Hardcopy dan softcopy gambar as build drawing

Untuk bangunan sedang atau tinggi maka perlu melengkapi persyaratan khusus yang telah ditetapkan pihak terkait

  • Foto bangunan
  • Foto alat perkuatan yang berkaitan dengan keamanan bangunan parkir
  • Foto Sumur Resapan Air Hujan (SRAH).

Mengajukan SLF Rumah Sakit

Setelah syarat telah terpenuhi, maka tahap selanjutnya Anda  perlu sekali membawa dan mengajukan semua persyaratan SLF rumah sakit ke pada PTPS kita administrasi setempat. Selanjutnya, berkas persyaratan tersebut akan diproses oleh pihak terkait. Jika bangunan rumah sakit memenuhi standard, maka sertifikat SLF sudah bisa diterbitkan.

Itulah beberapa prosedur dalam mengurus SLF rumah sakit yang perlu Ada ketahui. Masih bingung dengan prosedur membuat SLF bangunan rumah sakit? Atau Anda tak punya banyak waktu untuk mengurus SLF bangunan rumah sakit? Tenang saja, Anda bisa menyewa jasa pengurusan SLF bangunan yang siap membantu Anda untuk mendapatkan SLF bangunan rumah sakit dengan cepat dan mudah.

 

You may also like