Beberapa Kampus Penyedia Jurusan Sastra dari Berbagai Bahasa

by Mujahid Sahroni
Beberapa Kampus Penyedia Jurusan Sastra dari Berbagai Bahasa

Saat ini, calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan sastra tidak akan kesulitan untuk menemukan jurusan sastra yang sesuai dengan minat mereka. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan sastra. Selain itu, pilihan bahasa yang ada pada jurusan sastra juga beragam. Sehingga, calon mahasiswa bisa memilih kampus penyedia jurusan sastra yang sesuai dengan minat sastra bahasa mereka.  Apalagi, peluang jurusan Sastra begitu menjanjikan, salah satunya berkarir di Times Penerjemah yang memiliki berbagai layana seperti jasa penerjemah hingga jasa legalisasi.

Salah satu jurusan sastra yang banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah jurusan Sastra Indonesia. Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa resmi tentu membuka peluang kerja yang banyak. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan Sastra Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sanata Dharma, Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang memiliki minat untuk belajar bahasa Inggris secara mendalam, mereka bisa memilih jurusan Sastra Inggris. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan Sastra Inggris adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sanata Dharma, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), IAIN Surakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, dll.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk belajar Sastra Jepang, mereka bisa memilih beberapa kampus seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran, Universitas Udayana, dan Universitas Brawijaya. Sedangkan kampus yang menyediakan jurusan Sastra Jerman dengan kualitas pengajaran terbaik adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), dan Universitas Padjajaran (UNPAD). Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari tentang Sastra Perancis, mereka juga bisa memilih beberapa universitas penyedia jurusan Sastra Perancis seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Manado. Akan tetapi, sebelum memilih salah satu kampus tersebut, akan lebih baik bagi calon mahasiswa untuk mengecek kurikulum serta materi apa saja yang diajarkan di kampus tersebut.

Originally posted 2022-02-08 02:15:43.

You may also like