Beberapa Cara Jadi Sutradara yang Sukses

by Mujahid Sahroni
Sutradara yang Sukses

Menjadi seorang sutradara yang mumpuni dan mampu menghasilkan film berkualitas tentu menjadi impian bagi banyak orang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menjadi seorang sutradara yang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjadi seorang sutradara. Selain itu, seseorang yang ingin menjadi sutradara perlu memiliki kemampuan dasar dalam mengolah sebuah tema, sinematografi, dan naskah film menjadi film yang bagus dan memikat bagi banyak orang. Berikut ini beberapa cara jadi sutradara yang baik dan sukses di industri perfilman agar kamu ngga hanya konsumtif nonton film sub Indo.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjadi sutradara adalah memahami akting sehingga ia bisa mendapatkan akting terbaik dari para pemainnya. Selain itu, dengan memahami akting dan pekerjaan lain, seorang sutradara bisa memaksimalkan ide kreatif saat filmnya dibuat. Cara lainnya yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang sutradara adalah dengan membuat suasana kerja yang nyaman bagi para kru namun tidak terlalu santai. Hal ini mengharuskan sutradara untuk secara disiplin dan tegas menjalankan jadwal yang telah dibuat. Akan tetapi, seorang sutradara tidak boleh bertindak sewenang – wenang kepada para kru yang bekerja dengannya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Seorang sutradara yang baik juga perlu mengerti tentang workflow. Hal ini berlaku saat proses sebelum syuting, ketika syuting, dan setelah syuting. Hal ini dilakukan agar hasil syuting yang dilakukan tidak berantakan karena workflow yang kurang sesuai. Selain itu, seorang sutradara yang sukses juga hendaknya mengetahui tentang seni editing dan teknis dari sinematografi film. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap transisi atau ornamen yang masuk ke dalam film sudah sesuai dan tidak menunjukkan bad editing. Cara lainnya untuk menjadi seorang sutradara yang baik adalah dengan mendampingi setiap divisi yang ada di dalam film. Sebagai contoh divisi sound engineer, editing, visual effect, maupun artis sendiri. Hal ini dilakukan agar proses pembuatan film dilakukan sesuai dengan arahan dari sutradara. Sehingga, film yang dibuat akan memiliki kualitas yang baik.

 

Originally posted 2022-01-08 02:11:54.

You may also like