Banyaknya Jasa Edit Video, Begini Tips Membuat Video Menarik untuk Media Sosial

by Mujahid Sahroni
Banyaknya Jasa Edit Video, Begini Tips Membuat Video Menarik untuk Media Sosial

Konten media sosial yang paling banyak peminatnya saat ini adalah video, maka tak heran banyak pengguna media sosial hingga perusahaan membuat konten video untuk keperluan promosi. Membuat video juga kini semakin mudah seiring dengan berkembangnya teknologi. Tidak perlu untuk menjadi seorang profesional untuk menghasilkan video menarik. Bagi yang ingin mencobanya, ikuti tips berikut ini:

1. Buat Opening yang Menarik

Konten video untuk media sosial adalah video pendek dan pada umumnya berdurasi sekitar 30 detik sampai 1 menit saja. Maka, untuk mendapatkan perhatian pengguna media sosial lainnya pastikan membuat opening yang menarik. Lima detik pertama adalah momen yang tepat untuk menempatkan bagian paling menarik pada opening. Misalnya dengan menaruh cuplikan video yang dapat membuat penonton penasaran.

2. Sisipkan Teks untuk Memperjelas Konten

Tantangan membuat video media sosial dengan durasi pendek adalah memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat dipahami penonton. Hal ini sebetulnya dapat diatasi dengan menyisipkan teks untuk memberi keterangan atau mempertegas apa yang diucapkan si pembicara dalam video tersebut. Jadi, penonton akan semakin tertarik untuk menonton video hingga selesai.

3. Tambahkan Musik

Selain menyisipkan teks, pastikan juga untuk menambahkan musik yang seirama dengan konsep video. Konten yang diiringi musik akan membuat penonton tidak merasa bosan. Selain itu, musik yang seirama dengan konsep video dapat membantu penonton memahami pesan yang disampaikan.

4. Edit Video Sesuai Konsep

Bagi konten kreator yang sudah menyiapkan budget khusus untuk membuat konten secara konsisten bisa menggunakan jasa edit video. Namun, jangan khawatir karena mengedit video juga bisa dilakukan oleh pemula dengan aplikasi editing yang bisa digunakan di smartphone. Antara lain yaitu, Powerdirector, Inshot, dan Kinemaster.

5. Sapa Penonton

Tips terakhir yang tidak boleh disepelekan adalah menyapa penonton. Ini adalah hal yang paling mudah dilakukan, tetapi sering dilupakan oleh konten kreator. Pastikan di awal video atau opening untuk menyapa penonton supaya seolah-olah penonton sedang diajak bicara. Dengan begitu, penonton akan merasa dekat dan tertarik menonton hingga akhir.

Demikianlah tips membuat video menarik untuk konten media sosial. Selain mengikuti tips ini, buatlah video dengan gaya sendiri supaya ada perbedaan dengan video lainnya. Selamat mencoba!

You may also like