Bagaimana Cara Mulai Belajar Programming? Inilah Jawabannya

by Mujahid Sahroni
bagaimana cara mulai belajar programming

Zaman semakin berkembang, semua beralih ke sistem digital. Hal ini menjadi peluang bagi tingginya permintaan terhadap programmer pada setiap sektor. Ilmu pemrograman ini telah banyak dipelajari pada pendidikan-pendidikan formal, mulai SMA hingga perguruan tinggi. Namun sekarang siapa saja bisa belajar programming secara otodidak melalui berbagai sumber yang ada di internet. Lantas bagaimana cara mulai belajar programming?

Pemrograman merupakan kemampuan yang perlu banyak praktik dan terus diasah. Kemampuan utama yang dibutuhkan untuk menguasai pemrograman adalah logika yang kuat dan jiwa yang pantang menyerah. Tingginya kebutuhan industri akan kemampuan ini, mendorong orang-orang untuk mempelajarinya. Namun bagi pemula yang ingin tahu bagaimana cara mulai belajar programming , mungkin sedikit bingung harus mulai dari mana. Inilah penjelasannya:

1. Tentukan Jenis Pemrograman yang Ingin Didalami

Para pemula yang ingin mulai mendalami programing sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis pemrograman apa yang ingin dipelajari. Setiap jenis pemrograman akan memiliki pembelajaran dan bahasa pemrograman yang berbeda. Beberapa jenis pemrograman yang populer saat ini adalah:

  • Pemrograman web.
  • Software programming.
  • Pemrograman aplikasi mobile.
  • Game programming.
  • Pemrograman sistem komputer.

2. Pelajari Bahasa Pemrograman yang Dibutuhkan Saja

Menjadi programmer tidak berarti menguasai semua bahasa pemrograman. Hal ini merupakan persepsi yang banyak disalahpahami oleh para pemula. Mempelajari banyak bahasa pemrograman hanya akan menghabiskan waktu dan sama sekali tidak efektif. Kebanyakan justru hanya akan menambah beban hidup dan ujung-ujungnya menyerah karena burn out.

Seperti yang telah disebutkan pada tips yang pertama, para pemula sebaiknya menentukan tujuannya terlebih dahulu. Tentukan ingin menjadi programmer apa. Jika tujuan ini sudah ditentukan, fokuslah untuk mempelajari bahasa-bahasa pemrograman yang wajib dan dibutuhkan saja. Contohnya, jika ingin menjadi programmer web, maka yang harus dipelajari adalah HTML, JS, CSS, dan Bootstrap saja.

3. Seimbangkan Pembelajaran yang Aktif dan Pasif

Ketika mempelajari ilmu apapun, diperlukan metode pembelajaran pasif dan aktif. Pembelajaran pasif adalah pembelajaran yang dilakukan satu arah dengan membaca sumber pembelajaran dan menonton tutorial. Sedangkan pembelajaran aktif adalah dengan mempraktikkan ilmu yang telah didapatkan dari pembelajaran pasif. Kedua metode ini harus seimbang agar hasil belajar maksimal.

Perbandingan antara pembelajaran pasif dan aktif yang cukup efektif adalah 2:1, yaitu 2 jam pasif lalu 1 jam belajar aktif. Para pelajar juga dapat mengembangkan rasionya sesuai porsi diri masing-masing yang paling sesuai bisa 2:2, 1:2, 3:2, dan sebagainya. Hal terpentingnya ialah kedua metode ini dapat diterapkan secara seimbang tidak berat sebelah atau bahkan hanya di jalan salah satunya saja.

4. Buatlah Suatu Projek

Setelah fokus mempelajari bahasa-bahasa pemrograman yang dibutuhkan, jangan lupa untuk mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari tersebut. Buatlah suatu projek kecil-kecilan untuk dikembangkan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk lebih mengasah skill programming yang dimiliki. Berbeda kesan dan kesulitan yang dihadapi ketika membangun suatu projek yang utuh bisa dibandingkan dengan latihan pembagian yang dilakukan saat belajar.

5. Ikuti Kelas Online

Saat ini telah banyak bertebaran kelas-kelas untuk belajar programming mulai dari yang gratis hingga berbayar. Manfaatkanlah sumber belajar ini dengan baik. Mengikuti kelas online akan membuat belajar programing menjadi lebih terstruktur dan terjadwal dengan baik. Kelas online biasanya juga dilengkapi dengan mentor yang bisa menjadi pembimbing yang handal. Jadi, jika mengalami kendala, mentor akan sangat membantu.

Demikianlah 5 tips memulai  bagaimana cara mulai belajar programming bagi pemula. Agar dapat bertahan dalam belajar programming, mulailah belajar pemrograman yang paling menarik perhatian dan menyenangkan. Buatlah diri sendiri menjadi cinta dan senang ketika memprogram. Hilangkan stigma bahwa pemrograman itu sulit. Stigma ini akan menghambat proses belajar dan menjadikan para pelajar mudah menyerah.

You may also like