Apakah Analisis Fundamental Lebih Penting daripada Teknikal dalam Perdagangan Valas?

by Mujahid Sahroni
Apakah Analisis Fundamental Lebih Penting daripada Teknikal dalam Perdagangan Valas?

Analisis fundamental dan teknikal adalah 2 analisis penting yang perlu diterapkan dalam melakukan perdagangan valas. Keduanya dapat membantu investor untuk membangun keputusan yang tepat. Keduanya membantu investor dalam menentukan perihal akan melakukan langkah beli atau jual, menahan aset, atau langkah lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan keuntungan.

Kedua fitur ini juga dapat ditemukan dengan mudah di platform investasi masing-masing. Misalnya, investor bisa menemukannya setelah masuk ke akun olymptrade masing-masing menggunakan login Olymp Trade Indonesia. Meski demikian, perlu diingat bahwa keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi pendekatan, asumsi, hingga penerapan. Tak heran jika kemudian banyak pihak yang bertanya, apakah analisis fundamental lebih penting daripada teknikal? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, simak penjabarannya berikut ini.

Analisis fundamental

Analisis fundamental adalah sebuah pendekatan terhadap pilihan aset berdasarkan faktor kondisi ekonomi, industri, hingga perusahaan. Analisis fundamental juga kerap disebut sebagai pendekatan top down. Melalui pendekatan ini, seorang investor dapat mengidentifikasi nilai intrinsik atau sebenarnya dari sebuah pasangan mata uang. Dengan kata lain, jika nilai tukar suatu pasangan mata uang lebih rendah daripada nilai intrinsiknya, investor sebaiknya membeli aset tersebut. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Analisis fundamental

Salah satu asumsi mendasar dalam analisis fundamental adalah bahwa nilai tukar suatu mata uang di bursa valas tidak selamanya merefleksikan nilai sebenarnya dari mata uang tersebut. Hal ini tejradi akibat fenomena informasi asimetris. Untuk menghindari hal ini, investor dituntut untuk memiliki penguasaan terhadap dasar-dasar ekonomi, model ekonomi suatu negara, kondisi ekonomi negara, hingga aspek-aspek lain yang mempengaruhi kondisi ekonomi negara terkait.

Analisis teknikal

Sementara itu, analisis teknikal berfokus pada upaya untuk emmahami dampak yang terjadi akibat aspek-aspek yang diteliti melalui analisis fundamental. Aspek-aspek tersebut berdampak pada aktivitas transaksi di bursa saham. Dinamika yang terjadi kemudian akan mendorong aktivitas jual beli pasangan mata uang serta tingkat permintaan maupun penawaran. Hal inilah yang berdampak pada perubahan nilai tukar mata uang.

Pendekatan ini menganalisis data yang dihasilkan bursa seperti nilai tukar mata uang, volume, volatilitas, ambang atas dan bawah, serta yang lainnya. Data-data ini dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau angka-angka.

Analisis teknikal vs fundamental

Lantas, analisis manakah yang lebih baik atau penting? Analisis teknikal melakukan pendekatan yang ditarik dari nilai tukar mata uang. Umumnya data yang digunakan adalah pergerakan nilai tukar dan volume transaksi dari aktivitas bursa. Sementara analisis fundamental melakukan pendekatan terhadap nilai intrinsic dari aset, dalam hal ini pasangan mata uang. Pendekatan ini memperkirakan kemungkinan pergerakan nilai tukar dengan menganalisis berbagai aspek industri, ekonomi, dan kondisi negara.

Analisis teknikal vs fundamental

Salah satu kunci pembeda antara analisis fundamental dan teknikal adalah analisis teknikal menggunakan data yang lebih konkret dan aktual. Sementara analisis fundamental lebih bersifat teoritis karena menganalisis nilai-nilai yang bersifat jangka panjang. Dapat juga dikatakan analisis teknikal lebih bersifat praktis karena menganalisis data saat ini, berbeda halnya dengan analisis fundamental.

Untuk menyimpulkan, baik analisis fundamental maupun teknikal adalah penting. Seorang investor tidak bisa membangun keputusan investasi yang baik jika mengabaikan salah satu dari keduanya. Keduanya melakukan pendekatan dengan cara yang berbeda dan menghasilkan interpretasi yang berbeda pula. Meski demikian, keduanya terbukti mampu meningkatkan keuntungan investasi jika dikombinasikan dengan baik.

You may also like