Apa Pentingnya Melakukan Audit Energi untuk Gedung Perkantoran Anda?

by Mujahid Sahroni
Audit Energi untuk Gedung Perkantoran

Sering terdengar kampanye atau suatu gerakan hemat energi yang digalakkan baik oleh pemerintah atau komunitas pecinta lingkungan. Memang benar, gerakan hemat energi ini layaknya sudah menjadi kewajiban bersama sebagai upaya untuk mengurangi efek gas rumah kaca. Salah satu bentuk nyata upaya untuk hemat energi adalah dengan melakukan audit energi pada setiap gedung perkantoran. Mengapa harus gedung perkantoran?

Gedung perkantoran menjadi salah satu sasaran utama gerakan ini lantaran konsumsi energinya yang lumayan besar sehingga mau tidak mau harus dilakukan audit energi. Sekarang sudah banyak sekali auditor ulung yang siap membantu Anda melakukan audit energi salah satunya adalah Sewatama. Sebagai perusahaan audit energi yang berpengalaman menawarkan layanan terbaiknya kepada Anda dengan hasil maksimal. Lantas data apa saja yang diperlukan dalam proses audit energi?

Data yang diperlukan dalam audit energi

Berikut ini data yang diperlukan selama dilakukan audit energi:

  1. Profil lokasi gedung perkantoran secara lengkap
  2. Seluruh data peralatan elektronik yang difungsikan
  3. Tagihan energi minimal 3 tahun lalu hingga dilakukan audit energi
  4. Sistem penghematan energi yang sudah atau sering dilakukan

Bentuk energi yang sering dikonsumsi oleh sebuah gedung

Audit energi ini penting sekali dilakukan namun, tahukah Anda bentuk energi apa saja yang masuk dalam proses audit energi? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Energi yang dikonsumsi

Energi yang dikonsumsi ini bisa berupa energi listrik, genset, energi bahan bakar misal gas/diesel, energi air, dan lain sebagainya selama itu berupa energi.

2. Peralatan yang digunakan untuk mengonsumsi energi

Semua peralatan yang sekiranya digunakan untuk mengonsumsi energi masuk dalam proses audit diantaranya AC, lampu, RV, dispenser, lift, dan lain sebagainya.

Adanya dukungan penuh dari pihak pemilik gedung sangatlah dibutuhkan demi kelancaran proses audit energi ini. Selain itu, adanya tim ahli yang bertugas sangatlah mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan proses audit energi tidak bisa dilakukan sembarangan. Sewatama sebagai perusahaan yang melayani audit energi semaksimal mungkin memberikan hasil audit sesuai dengan data yang ada di lapangan serta merekomendasikan berbagai hal terkait dengan efisiensi penggunaan energi.

Sewatama selain bertugas melakukan audit energi juga berpengalaman perawatan genset. Segala cara merawat genset telah dikuasai oleh tim ahli yang dimiliki. Jadi jangan khawatir serahkan proses audit energi ini kepada Sewatama.

You may also like