6 Tips Interior Rumah Agar Lebih Nyaman

by Mujahid Sahroni
Interior Rumah

Setiap keluarga tentu saja ingin memiliki desain interior rumah yang apik. Desain interior rumah adalah desain ruangan yang berada di dalam rumah.

Misalnya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Dengan interior yang bagus, siapapun pasti merasa nyaman dan betah menempatinya.

Kamu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman saat berada di dalam ruangan. Apalagi bagi kamu yang banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah.

 

Tips Interior Rumah yang Bikin Nyaman

Bagi kamu yang ingin membuat interior rumah atau ruangan menjadi nyaman, satu hal yang perlu kamu ketahui. Bahwasanya, interior yang bikin nyaman itu adalah area luas sehingga terasa lebih longgar.

Berikut ini beberapa tips mengatur interior rumah yang bisa kamu lakukan :

 

Jangan Menumpuk Barang

Di sebuah ruangan, jangan pernah menumpuk barang terlebih lagi dalam jumlah yang sangat banyak. Benda yang dimaksud dalam hal ini bisa apa saja, seperti kardus bekas, barang terpakai, ataupun yang lainnya.

Yang boleh ditumpuk adalah buku atau dokumen-dokumen yang lainnya. Itupun tempatnya harus di meja ya, bukan di lantai atau karpet plastik.

Kamu harus bisa menyesuaikannya. Jika sekiranya barang tersebut tidak terpakai lagi, jangan taruh di dalam rumah lebih baik di buang atau diloakan saja. Lumayan kan bisa dapat uang? Daripada hanya mengganggu keindahan saja.

 

Gunakan Cat Warna Cerah

Untuk urusan cat tembok, aku saranin gunakan warna yang cerah saja biar terlihat menarik dan enak dipandang. Kamu bisa memilih warna biru, kuning, hijau, orange, merah muda, lavender, serta memakai kombinasi warna yang sesuai dengan warna lantai dan furniture yang ada di sana.

Selain itu, tidak ada salahnya memilih warna netral yaitu putih. Warna putih juga bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman serta membuat kesan bersih pada ruangan.

Akan tetapi, jika kamu memutuskan menggunakan cat putih maka tembok harus rajin-rajin dibersihkan. Karena pastinya akan terlihat jelas apabila temboknya sudah mulai kotor.

 

Jangan Terlalu Banyak Partisi atau Sekat.

Sebetulnya partisi itu sangat berguna sebagai batas privasi antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya. Orang lain tidak akan bisa seenaknya masuk ke ruangan tersebut tanpa seizinmu sebagai pemilik rumah.

Namun jika partisi atau sekat tembok ini terlalu banyak, maka kurang bagus juga. Ruangan terasa semakin sempit dan kamu tidak merasa nyaman. Pergi dari satu ruangan ke ruangan lainnya juga sedikit kesusahan karena terlalu banyak tembok yang menghalangi

Pembata cukup ditaruh di antara ruang tamu dan ruang keluarga, serta di antara ruang tengah dengan dapur. Untuk gaya rumah minimalis, antara ruang tamu, ruang, keluarga, dan ruang makan bisa dibuat saling terhubung.

 

Menaruh Tanaman di Dalam Ruangan

Tips interior rumah selanjutnya adalah meletakkan tanaman di dalam ruangan. Adanya tanaman dapat memberikan banyak manfaat, terutama untuk mengurangi atau menghilangkan racun-racun.

Tak hanya itu saja, tanaman juga bisa menambah nilai estetika sehingga lebih enak dipandang. Ketika ada orang bertamu ke rumahmu, pasti dia akan melihat kondisi rumah secara sekilas dan merasa takjub dengan adanya tanaman.

Beberapa rekomendasi tanaman untuk dalam rumah antara lain yaitu lidah buaya, lidah mertua, lavender, peace lily, rosemary, daun ivy, serai, photos emas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Menggunakan Peredam Suara

Apabila tinggal di daerah yang sangat bising seperti di perkotaan dan memang memiliki dana lebih, tidak ada salahnya mencoba untuk memasang peredam suara. Tujuannya sudah pasti adalah untuk mengurangi suara-suara bising dari luar yang sangat mengganggu.

Jangan sampai suara-suara tersebut akan mempengaruhi istirahatmu. Maka dari itu harus dicegah terlebih dahulu.

 

Buka Akses Cahaya Matahari

Jangan lupa sediakan ventilasi udara supaya udara di dalam rumahmu tidak terlalu pengap. Adanya ventilasi juga bisa menerangi ruangan dalam rumah terutama pada pagi hinga sorenya.

Kamu tidak perlu lagi menghidupkan lampu sepanjang waktu karena hal itu bikin boros listrik saja.

 

Itulah dia beberapa tips desain interior rumah yang bisa kamu terapkan. Kalau ada tips lain, boleh kok sampaikan saja di kolom komentar.

 

Originally posted 2022-01-15 15:19:31.

You may also like