5 Ide Konten Video Menarik Untuk Blog

by Mujahid Sahroni
5 Ide Konten Video Menarik Untuk Blog

Di era yang serba digital seperti saat ini, semakin banyak orang yang mengandalkan internet untuk mencari informasi-informasi terbaru. Mulai dari media sosial hingga website-website populer, sebagian besar dari kita bahkan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempelajari atau menggali satu topik yang menurut kita menarik di platform-platform tersebut.

Dengan semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktu mereka untuk menikmati konten digital, semakin banyak pula jenis-jenis konten yang tersebar di internet. Dari sekian banyak konten tersebut, ada satu yang menjadi favorit sebagian besar dari kita: video.

Konten video memang bukan jenis konten baru. Tapi, karena konten ini dapat menyampaikan informasi yang cenderung rumit dalam waktu singkat secara efektif dan efisien, konten video masih menjadi salah satu jenis konten paling populer di kalangan pengguna internet.

Nah, jika Anda memiliki blog, pastikan Anda membuat video untuk memberikan kualitas lebih agar dapat menarik lebih banyak pengunjung. Berikut beberapa konten video populer yang bisa Anda buat untuk blog:

1) Video Pengantar/ Perkenalan

Video pengantar atau video perkenalan merupakan konten yang tepat untuk mengedukasi para pengunjung tentang siapa Anda. Anda juga bisa menceritakan sedikit seputar blog Anda; apa yang Anda tulis, topik yang sering dibahas, dan lainnya.

Intinya, konten video ini sangat bermanfaat untuk membuat para pengunjung lebih akrab dengan blog Anda dan konten-konten yang disuguhkan di dalamnya. Anda dapat meletakkan konten video ini di homepage di blog Anda.

Jika mereka sudah merasa lebih kenal dan terbiasa dengan blog Anda, kemungkinan besar mereka akan lebih sering mengunjungi blog Anda untuk melihat konten-konten yang lainnya.

2) Video Animasi

Jika Anda memiliki suatu topik yang cukup rumit dan kompleks untuk dibahas di blog, video animasi dapat menyampaikannya dengan jauh lebih efektif — dibandingkan artikel dan gambar. Dengan video animasi, Anda dapat mengilustrasikan apa saja, bahkan skenario yang tidak bisa diambil dengan kamera professional sekalipun.

Meskipun Anda tidak memiliki bakat desain untuk membuat animasi, saat ini terdapat banyak software dan aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan mudah (seperti Powtoon, Vyond, Renderforest, dan sebagainya).

3) Video Edukasi

Video edukasi juga merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari dan diminati para pengguna internet. Konten video yang satu ini akan membuat konten Anda bagikan lebih banyak.

Artinya, jika Anda membuat video edukasi yang tidak hanya informatif namun juga menarik, para pengunjung akan cenderung membagikannya kepada teman maupun pengikut mereka di media sosial. Maka dari itu, konten ini dapat Anda gunakan untuk menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan kredibilitas blog Anda.

Yang perlu diingat di sini adalah bahwa Anda perlu membuat konten edukatif yang sesuai dengan target pengunjung blog Anda. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mengetahui demografi mereka dan topik apa yang mereka minati.

4) Video Q&A

Jika video pengantar dapat digunakan untuk memperkenalkan diri Anda kepada para pengunjung, maka video Q&A (atau video tanya-jawab) merupakan konten yang ideal untuk lebih mendekatkan mereka dengan blog Anda.

Dalam video Q&A, Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan umum yang dimiliki para pengunjung. Anda bisa menceritakan latar belakang Anda, bagaimana Anda mengelola blog, suka dan duka serta tantangan menjadi blogger, dan lainnya.

Konten video Q&A ini juga menunjukkan komitmen dan nilai tambah dari blog Anda kepada para pengunjung. Selain itu, konten ini juga menandakan bahwa Anda serius dan peduli dengan para pengunjung blog serta apa yang mereka butuhkan untuk jangka panjang.

5) Video Tips & Trik

Video tips & trik dapat menjadi konten tambahan yang menarik untuk artikel-artikel edukatif di blog Anda. Konten video ini cenderung berdurasi pendek dan singkat namun informatif, sehingga mudah dipahami oleh para pengunjung.

Tak hanya itu. Konten video tips & trik dapat Anda gunakan sebagai medium untuk menyampaikan solusi maupun kesimpulan dari artikel-artikel yang Anda tulis. Jadi, para pengunjung dapat memahami apa yang selanjutnya dapat mereka lakukan setelah membaca artikel-artikel di blog Anda.

Selain mengunggah konten video ini di blog Anda, Anda juga dapat menyebarkannya di media sosial untuk meningkatkan jumlah penonton (views) dan popularitas.

Kesimpulan

Saat ini streaming video menjadi hal yang paling digemari para pengguna internet. Dapat diartikan bahwa membuat dan mengunggah konten video untuk blog Anda dapat menjadi nilai tambah yang mengundang lebih banyak pengunjung, bahkan menjadikan mereka sebagai penggemar.

Dengan kelima ide konten populer tersebut, Anda saat ini dapat meningkatkan kualitas dan menaikkan traffic blog Anda. Semua pemilik blog tentu menginginkan websitenya selalu dibanjiri pengunjung setiap hari, bukan? Dengan kualitas dan traffic blog yang memadai, Anda nantinya dapat meningkatkan jumlah leads (pelanggan) atau bahkan bisa memasang iklan atau kerja sama advertorial.

 

Author Bio

Andre Oentoro

 

 

 

 

 

Andre Oentoro, CEO Videos.ID

Dia membantu bisnis meningkatkan rasio konversi, menutup lebih banyak penjualan, dan mendapatkan ROI positif dari video explainer.

Email: [email protected]

You may also like