4 Pola Hidup yang Bisa Membuat Kamu Panjang Umur

by Mujahid Sahroni
4 Pola Hidup yang Bisa Membuat Kamu Panjang Umur

Banyak orang yang belum mengetahui terkait bagaimana pola hidup sehat yang baik. Pola seperti ini perlu diketahui karena bisa membuat hidup kamu lebih bugar dan panjang umur.

Menurut berita di Indo Times, pola hidup ini akan membentuk fisik seseorang lebih sehat baik secara dhohir atau batin. Dengan fisik seperti ini akan membuat seseorang bisa lebih bahagia dan akhirnya menyehatkan badan. Karena berkaitan dengan umur panjang maka perlu dilakukan sejak dini.

Bijak saat Memilih Makanan

Makanan pengaruhnya sangat besar bagi tubuh sehingga harus diperhatikan dengan benar. Maka dari itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi yang seimbang. Ibarat kata makanan ini harus mengandung 4 sehat 5 sempurna agar menyehatkan badan.

Pola seperti perlu diterapkan dimana setiap makanan harus ada kandungan serta, protein, karbohidrat dan lemak baik. Dengan seperti ini maka kamu akan terhindar dari kegemukan dan berbagai penyakit kronis.

Jika kamu ingin yang lebih bagus maka pastikan makanan yang dimasak tidak terus menerus digoreng. Masakan tersebut bisa dilakukan dengan cara direbus, dikukus atau ditumis.

Olahraga Teratur

Olahraga juga sama pentingnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Untuk melakukan aktivitas ini tidak harus dilakukan di gym atau alat-alat khusus yang harganya mahal.

Kamu cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam, yoga ataupun berenang. Lakukan olahraga seperti setiap hari agar kalori yang ada di dalam tubuh bisa terbakar dengan baik.

Namun untuk kamu yang aktivitasnya sibuk dan pekerja kantoran maka bisa melakukan aktivitas fisik sederhana. Salah satu caranya adalah naik turun tangga atau berjalan di sekeliling kantor. Aktivitas seperti sangat bagus karena otot senantiasa terus bergerak setiap saat.

Hindari Stress yang Berlebihan

Stress juga bisa membuat pikiran tidak menentu dan pola hidup seperti membuat orang tidak lagi panjang umur. Maka dari itu kesehatan mental ini perlu ditata dan dijaga dengan baik.

Salah satu caranya adalah menghindari pemicu stress seperti tugas menumpuk, masalah asmara dan yang lainnya. Jika hal ini dibiarkan maka sistem tubuh akan memberikan respon yang saling bertolak belakang. Saat pola ini dilakukan terus-menerus bisa memicu penyakit kronis pada tubuh.

Salah satu cara dalam menangani hal ini adalah mencoba menenangkan diri dan mengambil nafas dalam-dalam. Kamu bisa mengambil nafas dari hidup lalu dikeluarkan secara perlahan lewat mulut.

Rutin Minum Air Putih

Air putih termasuk cara membuat komposisi air di dalam tubuh terus di jaga. Hal ini dilakukan karena di dalam tubuh 60% harus mengandung air dan sisanya bisa di isi oleh makanan atau minuman lainnya.

Komposisi ini akan terus berkurang ketika banyak mengeluarkan keringat, urip atau hal-hal lainnya. Maka dari itu, kamu harus terus mengkonsumsi air putih agar kebutuhan cairan di dalam tubuh tetap terjaga.

Untuk membuat ruin minum air putih bisa dilakukan dengan selalu membawa botol air minum setiap saat. Dengan cara seperti ini maka ketika kamu harus bisa langsung minum air tanpa harus membeli.

Baca juga Cara Pola Hidup Sehat selengkapnya di situs Indotimes. Secara umum pola terbaik adalah menjaga pikiran terus sehat dan sering berolahraga setiap saat.

Saat olahraga dilakukan pastikan juga selalu membawa air minum agar bisa diminum setiap saat. Ketika pola ini terus kamu jalankan maka umur seseorang tidak akan cepat menua.

You may also like