4 Manfaat Ekonomi Kreatif Ini Sering Tak Disadari

by Mujahid Sahroni
Manfaat Ekonomi Kreatif

Adanya konsep ekonomi kreatif akan menjadikan bangsa ini semakin maju. Tentu saja berbagai manfaat ekonomi kreatif yang bisa dipetik jika benar-benar menerapkannya. Poin yang paling penting dalam ekonomi kreatif adalah memenuhi kebutuhan pasar dengan memaksimalkan kekuatan perusahaan. Inilah beberapa manfaat dari diterapkannya n ekonomi kreatif:

1. Meningkatkan Kualitas Produk

Ekonomi kreatif siap untuk membuat produsen saling berlomba-lomba dalam menciptakan produk terbaiknya sehingga tak heran jika kualitasnya akan semakin baik. Adanya persaingan yang sehat dengan pengusaha yang lain akan menuntut produsen untuk terus berinovasi agar tetap bisa bertahan di dunia usaha. Segala upaya pun dikerahkan untuk bersaing dengan produk lainnya.

Adanya sumber daya manusia dan peralatan canggih mampu membantu para produsen dalam meningkatkan kualitas dari produknya. Tak hanya itu saja, ide kreatif dari manajer juga sangat diperlukan agar produk tetap bisa diterima oleh masyarakat. Adanya ide produk yang baru juga membuat masyarakat semakin tertarik.

2. Menekan Pengangguran

Sistem ekonomi kreatif tentu membutuhkan tenaga kerja lebih demi memenuhi kebutuhan pasar. Tak heran jika banyak perusahaan yang mulai membuka lowongan guna mempercepat kinerjanya dalam menciptakan sebuah produk. Hal tersebut, tentu akan mengurangi pengangguran yang ada di negara ini sehingga angka kemiskinan pun dapat ditekan.

Membuka lowongan secara besar-besaran kerap kali dilakukan terutama pada pabrik. Tentu ini sangat diincar bagi para lulusan SMA ataupun S1 yang sedang membutuhkan pekerjaan. Kualifikasi yang dibutuhkan pun tidak terlalu tinggi jika di pabrik sehingga akan mudah sekali untuk lolos masuk kerja pada perusahaan tersebut.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat ekonomi kreatif yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari negara tersebut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perekonomian suatu negara akan semakin kuat jika di dalamnya banyak para pengusaha. Hal tersebut menjadikan negara tidak mudah bergantung dengan negara lain.

Menjadi negara yang mandiri tentu tidak mudah karena membutuhkan kerjasama yang solid antara pemerintah dengan warga negaranya. Pemerintah tentu akan sangat mendukung para pengusaha yang memulai bisnisnya dari bawah karena inilah yang akan menjadi cikal bakal tumbuhnya ekonomi.

4. Kualitas Hidup Meningkat

Banyaknya warga negara yang memiliki penghasilan tetap dan bahkan semakin tinggi setiap bulannya akan membuat kualitas hidup menjadi meningkat. Kondisi rumah pun dapat diperbaiki dan pastinya makanan yang dikonsumsi akan lebih layak dari biasanya. Anak-anak para pekerja pun bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Itulah beberapa manfaat ekonomi kreatif yang bisa disimak. Tidak dapat dipungkiri bahwa menerapkan ekonomi kreatif memang perlu sekali bagi sebuah perusahaan demi membantu negara. Masyarakat pun akan lebih terbantu karena terbukanya lapangan pekerjaan yang luas sehingga mampu membuat kualitas hidupnya memiliki standar yang lebih. Teruslah berinovasi dalam membuat produk demi memenuhi kebutuhan pasar.

 

Originally posted 2022-03-28 09:03:49.

You may also like