4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Seragam Kerja Tambang 

by Mujahid Sahroni
Seragam Kerja Tambang

Apakah kamu seorang pekerja tambang? Bila iya kamu tentu sudah sering mengenakan seragam kerja tambang yang memiliki bahan tebal dan berat ketika dikenakan. Lalu, apakah itu sesuatu hal yang wajar? Apakah sebuah seragam kerja di pertambangan memang harus berat? Memangnya apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih sebuah seragam tambang?

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan atau dipertimbangkan ketika memilih seragam kerja tambang. Namun ada 4 hal paling utama yang butuh perhatian lebih. Keempat hal tersebut, terdiri dari :

Kualitas Bahan

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan ketika memilih seragam kerja tambang, tak lain dan tak bukan adalah kualitas dari seragam kerja yang dibuat. Sebab berbeda dengan seragam kerja di toko swalayan atau pekerjaan lainnya, bahan dari seragam kerja di sebuah pertambangan harus dipilih dengan sangat selektif. Usahakanlah untuk memilih seragam yang kuat, awet serta mudah digunakan. Hal ini bertujuan untuk menunjang dan mempermudah aktivitas dalam menjalankan pekerjaan di pertambangan.

Keamanan dan Kenyamanan Bahan

Selain kuat, kamu juga harus memperhatikan keamanan serta kenyamanan dari bahan yang digunakan untuk membuat seragam kerja tambang. Hal ini tentunya tak lepas dari risiko yang akan dihadapi dalam dunia pertambangan. Bekerja di tambang memiliki risiko yang sangat tinggi. Bahkan dapat mengancam keselamatan kamu. Jadi faktor keamanan perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Bekerja di pertambangan juga membutuhkan tenaga yang sangat besar. Kamu juga harus bergerak secara aktif. Sehingga mempermudah produksi keringat. Terutama bila cuaca sangat panas. Oleh karenanya, kamu harus mencari seragam kerja di pertambangan yang terbuat dari bahan mudah untuk menyerap keringat.

Warna Kontras

Umumnya seragam kerja tambang memiliki warna yang cukup kontras atau mencolok. Hal ini bertujuan supaya ketika ada kecelakaan atau bencana alam yang terjadi tanpa diketahui sebelumnya, korban dapat ditemukan dengan cepat. Sebab dengan warna yang mencolok akan mempermudah tim SAR untuk melakukan proses pencarian. Jadi, sebaiknya pilihlah warna yang kontras untuk digunakan sebagai seragam kerja tambang.

Desain Simpel

Seperti halnya yang telah disinggung sebelumnya, pekerja tambang harus selalu aktif dan lihai dalam menjalankan pekerjaannya. Oleh karena itu, tentu dibutuhkan sebuah seragam yang mendukung aktivitas tersebut. Salah satunya adalah penggunaan desain yang simpel.

Desain yang simpel membuat pekerja mampu untuk bergerak secara mudah. Sehingga pekerjaannya pun bisa cepat selesai. Tak hanya itu, desain seragam kerja tambang juga harus dibekali dengan banyak kantong. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pekerja dalam membawa peralatan tambangnya.

Itulah 4 hal wajib yang harus diperhatikan ketika sedang memilih seragam kerja untuk digunakan dalam bekerja di pertambangan. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam memilih seragam kerja tambang terbaik. Bukan malah sebaliknya.

You may also like