3 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM Anda

by Mujahid Sahroni
business digital marketing

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, maka anda pun perlu memiliki strategi di dalam memasarkan usaha anda. Hal ini berlaku pula bagi anda yang merupakan pelaku bisnis yang berkecimpung di dunia UKM. Untuk itu, anda pun perlu untuk memanfaatkan peran digital marketing Jakarta yang saat ini banyak diminati dan mudah untuk diterapkan. Berikut ini akan diulas beberapa manfaat menggunakna pemasaran secara digital untuk bisnis UKM anda.

Manfaat Penggunaan Pemasaran Digital Pada Bisnis UKM

1. Mampu Untuk Membangun Hubungan Yang Lebih Menarik

Hal pertama yang menjadi manfaat adalah anda dapat berinteraksi scara langsung dengan konsumen melalui dunia maya. Hal ini merupakan salah satu keunggulan , karena anda akan bisa berbicara secara langsung melalui berbagai media yang ada di dunia digital. Disini, anda nantinya akan lebih cepat untuk merespon permintaan konsumen dalam waktu yang cukup cepat. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu potensi bagi anda untuk menari konsumen sesuai target yang anda inginkan.

2. Dapat Menghemat Biaya

Dengan menggunakan digital marketing Jakarta, maka anda pun juga lebih bisa untuk menghemat biaya. Hal ini tentu saja menjadi manfaat tersendiri terutama bagi anda yang bergerak di bisni UKM dan baru berdiri. Pasalnya, anda bisa dengan mudah untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang anda miliki melalui pemasaran secara digital ini. Hal ini dikarenakan pemasaran dengan metode satu ini sudah terbukti cukup terjangkau.

Dibandingkan ketika anda menawarkan barang atau jasa anda kepada media konvensional seperti iklan di televisi ataupun koran. Selain itu, pemasaran dalam media konvensional juga memiliki komunikasi satu arah saja. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan pemasaran secara digital. Dimana melalui media sosial maupun email marketing, anda bisa dengan mudah untuk menjangkau konsumen, sehingga anda pun bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan anda.

3. Dapat Bekerja Secara Real Time

Hal lain yang menjadi manfaat penggunaan digital marketing Jakarta pada bisnis UKM anda adalah anda mampu melihat jumlah pengunjung yang mengakses website yang anda miliki. Selain itu, juga terdapat grafik yang menunjukkkan peningkatkan jumlah pelanggan atau konsumen anda. Sehingga, hal satu ini akan bisa menjadi nilai tambah bagi anda. Untuk itu, ketika anda mengalami penurunan, maka anda pun bisa langsung untuk memikirkan strategi lain yang bisa untuk anda lakukan.

Manfaat tersebut tentu saja akan menguntungkan pelaku bisnis UKM. Pasalnya, anda bisa memasarkan barang ataupun jasa yang anda miliki dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, anda pun juga bisa untuk mengetahui grafik pengunjung website anda. Hal ini tentu saja akan bisa menjadi salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan strategi pemasaran secara digital.

You may also like