3 Komponen yang Bisa Menjadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

by Mujahid Sahroni
3 Komponen yang Bisa Menjadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Pernah mengalami masalah AC mobil yang tidak dingin? Atau saat ini Anda sedang mengalami masalah ini di mobil pribadi miik Anda. Jangan bingung dan jangan khawatir, sebelum mengatasinya atau membawanya ke tukang service AC mobil, tak ada salahnya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab AC mobil tidak dingin.

Oke, jadi ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin antara lain yakni Freon yang habis atau kurang, filter AC mobil mengalami penyumbatan atau kipas AC mobil mengalami masalah. Untuk lebih jelasnya tentang penyebab AC mobil tidak dingin, berikut ini akan saya jelaskan beberapa komponen yang bisa menjadi masalah dan penyebab AC mobil kurang dingin.

 

3 Komponen Utama Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penasaran kan kira-kira apa saja kompenennya? Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini. Oke, jadi menurut para ahli teknisi service AC mobil ada 3 komponen utama yang bisa menyebabkan masalah AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali yakni kompresor, kondensor dan evaporator. Untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan lebih rinci.

Kompresor

Kompresor adalah salah satu komponen utama yang bisa menyebabkan AC mobil kita tidak dingin. Jadi, pasalnya agar kerja kompresor tidak terlalu berat. Sebagai pemilik mobil kita harus senantiasa membersihkan kabin mobil sehingga tidak akan ada banyak debu. Jangan lupa juga, cek dan bersihkan filter udara setiap 10.000 km atau Anda juga bisa menggantinya jika sudah mencapai 30.000 km.

Kondensor

Komponen berikutnya yang juga perlu diperhatikan adalah kondensor. Cara terbaik untuk mencegah masalah AC tidak dingin adalah dengan membersihkan kondensor dengan cara menyemprotkan air. Agar lebih aman, pastikan dilakukan oleh ahlinya.

Evapoirator

Komponen selanjutnya yang juga harus Anda bersihkan untuk mencegah kerusakan AC yang tidak dingin adalah rutin membersihkan evapoirator. Untuk membersihkannya, lebih baik Anda segera membawanya ke bengkel resmi agar segara ditangani.

Itu dia beberapa komponen utama yang bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin. Semoga bermanfaat, terimakasih.

You may also like